JudulPengembangan Media Audio Visual Terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di KB Bukit Indah Desa Bukit Harapan Kecamatan Sojol |
Nama: ERNIATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Erniati (2024) “Pengembangan Media Audio Visual Terhada Pembelajaran Mitigasi Bencana Pada Anak Usia 5- 6 Tahun Di KB Bukit Indah Desa Bukit Harapan Kecamatan Sojol . Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1 : Andi Agusniatih, Pembimbing 2: Fitriana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan media audio visual berbasis video animasi pembelajaran dan untuk menstimulasi kemampuan mitigasi bencana (gempa bumi) pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di KB Bukit Indah Desa Bukit Harapan Kecamatan Sojol , Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, dengan subjek penelitian seluruh anak usia 5- 6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan pengembangan (R&D) ini dilakukan untuk (1) mengetahui bagaimana pengembangan media audio visual terhadap pembelajaran mitigasi bencana pada anak usia 5 – 6 tahun . (2) mengetahui Bagaimana penerapan media audio visual terhadap pembelajaran mitigasi bencana pada anak usia 5 – 6 tahun. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Analysis berupa (meet assesment) dalam skala kecil berupa wawancara disalah satu lembaga PAUD. Design merupakan tahap perencanaan produk media audio visual berbasis video animasi pembelajaan mitigasi bencana, Development merupakan tahap pembuatan produk serta penilaian produk kepada validator yaitu validator bahasa , validar media dan IT, serta validator psikologi anak . Implementation merupakan tahap diujikannya produk kepada anak usia 5 – tahun. Penilaian produk menurut validator bahasa menunjukkan skor yaitu 89 ,5 ?ngan kategori sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi, menurut validator media dan IT menunjukkan skor 94,4 ?ngan kategori sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Serta penilaian produk dari validator psikologi anak usia dini menunjukkan skor 86,5 % . Setelah di lakukan penerapan terdapat perkembangan pada kemampuan mitigasi bencana pada anak. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa produk media audio visual untuk pembelajaran mitigasi bencana pada anak usia 5-6 tahun dapat dikatakan layak dengan kategori sangat valid. Kata kunci : Pengembangan, Media Audio Visual , Pembelajaran Mitigasi Bencana |