Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SENI MUSIK PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOMPOK B TK PERTIWI KEC. PALU TIMUR
Nama: NURFIDYA SUSE
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Nurfidya Suse(2024) “Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Perkembangan Seni Musik Pada Anak Usia Dini Di Kelompok B Tk Pertiwi Kec. Palu Timur. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I: I Putu Suwika, Pembimbing II : Hesti Putri Setianingsih. Masalah dalam penelitian ini yaitu seni musik pada anak belum berkembang sesuai harapan, tujuan penelitian ini untuk meningkatkan seni musik pada anak melalui metode bernyanyi. Subjek dan setting penelitian adalah anak kelompok B berjumlah 15 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan yang terdaftar tahun 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart, yang di laksanakan secara bersiklus. Data yang di kumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, selanjutnya di analisis secara deskriptif. Data pra tindakan, kemampuan menirukan syair-syair yang di lagukan, kategori berekembang sangat baik (BSB) 6,67 %, berkembang sesuai harapan (BSH) 20%, Mulai berkembang (MB) 33,33%, dan belum berkembang (BB) 40%. Kemampuan menirukan gerakan sesuai intonasi lagu, kategori berkembang sangat baik (BSB) 6.67 %, berkembang sesuai harapan (BSH) 13,33%, Mulai berkembang (MB) 2,67%, dan belum berkembang (BB) 53,33%. Kemampuan aktif dalam bernyanyi, kategori berekembang sangat baik (BSB) 20 %, berkembang sesuai harapan (BSH) 13,33%, Mulai berkembang (MB) 2,67%, dan belum berkembang (BB) 40%.Setelah di lakukan tindakan, di simpulkan bahwa metode bernyanyi, dapat meningkatkan perkembangan seni musik pada anak, terbukti ada peningkatan dari tindakan siklus I ke siklus II, kemampuan menirukan syair-syair yang di lagukan kategori BSB, BSH, dan MB dari 60 % menjadi 86,66% (26,66%). Kemampuan menirukan gerakan sesuai intonasi lagu kategori BSB, BSH, dan MB dari 60 % menjadi 86,66% (26,66%). Kemampuan aktif dalam bernyanyi kategori BSB, BSH, dan MB dari 60 % menjadi 93,33% (33,33%). Secara umum, terjadi peningkatan rata-rata 48,88% kategori BSB,BSH, dan MB. Walaupun masih ada anak yang belum berhasil meningkat hasil bermusiknya 11.10 % atau kategori BB. Kata Kunci :Perkembangan seni musik, metode bernyanyi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up