Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PERMAINAN LOMPAT TALI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B
Nama: NUR RIZKIYAH MUSFIRAH
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Nur Rizkiyah Musfirah (2024). Pengaruh Permainan Lompat Tali Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B TK Bina Anak Bangsa Palu . Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing I Didik Purwanto dan Pembimbing II Amrullah. Dalam Penelitian ini terdaat masalah yaitu mengenai kemampuan motorik kasar anak yang belum berkembang sesuai harapan, yang terlihat dari observasi awal yang di lakukan oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan lompat tali terhadap kemampuan motorik kasar anak. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun Subjek penelitian adalah anak di kelompok B TK Bina Anak Bangsa yang berjumlah 14 orang pada tahun ajaran 2023/2024. Teknik pegumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentas?, dan perlakuan. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji-t (paired samples tests). Berdasarkan hasil rekapitulasi pengamatan awal dan akhir dari kegiatan permainan lompat tali terhadap kemampuan motorik kasar anak pada aspek kekuatan tubuh dalam kategori Berkembang Sangat Baik dari (0%) menjadi (82,57%), kategori Berkembang Sesuai Harapan dari (0%) menjadi (82,57%), kategori Mulai Berkembang dari (62,29%) menjadi (82,57%), kategori Belum Berkembang dari (35,71%) menjadi (14,29%). Aspek keseimbangan tubuh kategori Berkembang Sangat Baik dari (0%) menjadi (42,86%), kategori Berkembang Sesuai Harapan dari (28,57%) menjadi (35,71%), kategori Mulai Berkembang dari (57,14%) menjadi (21,43%), kategori Belum Berkembang dari (14,29%) menjadi (0%). Aspek kecepatan tubuh kategori Berkembang Sangat Baik dari (0%) menjadi (35,71%), kategori Berkembang Sesuai Harapan dari (0%) menjadi (14,29%), kategori Mulai Berkembang dari (57,14%) menjadi (14,29%), kategori Belum Berkembang dari (42,86%) menjadi (7,14%). Berdasarkan hasil data perhitungan uji-t diperoleh nilai t hitung sebesar 5.667 dengan nilai signifikan 0,000 Karena nilai signifikan < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H? diterima, yang berarti terdapat pengaruh permainan tradisional lompat tali terhadap kemampuan motorik kasar anak di kelompok B TK Bina Anak Bangsa Palu. Kata Kunci: Kemampuan Motorik Kasar, Permainan Lompat Tali, Anak Usia Din

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up