JudulPengaruh Permainan Jejak Kaki Dan Tangan Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Di TK Sion Sangele |
Nama: JESICA ANASTASYA TOTOMBU |
Tahun: 2024 |
Abstrak Jesica Anastasya Totombu (2024) “Pengaruh Permainan Jejak Kaki Dan Tangan Terhadap Kemampuan Motorik Kasar di TK Sion Sangele”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Bapak Amrullah, Pembimbing II Ibu Hesti Putri Setianingsih. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui pengaruh permainan jejak kaki dan tangan terhadap kemampuan motorik kasar di TK Sion Sangele. Metode penelitian ini kuantitatif dan jenisnya eksperimen. Subjeknya 12 anak terdiri dari 8 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji-t. Berdasarkan hasil rekapitulasi kemampuan motorik kasar anak sebelum diberikan perlakuan berupa kegiatan permainan jejak kaki dan tangan, terdapat anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik 13,90%, ada 25?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan, ada 30,55?lam kategori Mulai Berkembang, ada 35,55 dalam kateori Belum Berkembang. Sesudah diberikan perlakuan diperoleh hasil kategori Berkembang Sangat Baik ada 36,11%, kategori Berkembang Sesuai Harapan 50%, kategori Mulai Berkembang 13,89%, dan tidak terdapat anak dalam ketegori Belum Berkembang. Selanjutnya perhitungan data dilakukan dengan teknik uji-t. Sesuai hasil data perhitungan uji t , dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung sebesar 12.742 dengan signifikan 0.001. Karena signifikannya < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh permainan jejak kaki dan tangan terhadap kemampuan motorik kasar di TK Sion Sangele. Kata Kunci: Motorik Kasar, Permainan Jejak Kaki Dan Tangan, Anak Usia Dini |