Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Metode Bercerita Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Kelompok B TK SATAP Petobo Kecamatan Palu Selatan Kota Palu
Nama: JESSYCA TASYA LAURENCIA
Tahun: 2024
Abstrak
Jessyca Tasya Lurencia (2024), Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perilaku Sosial Anak di Kelompok B TK SATAP Petobo Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Agusniatih dan Zakiyyatul Imamah . Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan perilaku sosial anak yang belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan masalah tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap perilaku sosial anak di kelompok B TK Satu Atap Petobo Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Adapun subjek dalam penelitian ini berjumlah 15 orang anak didik di kelompok B TK Satu Atap Petobo Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil rekapitulasi pengamatan 3 aspek perkembangan yang diamati sebelum dan setelah penerapan metode bercerita, sebelum penerapan metode bercerita terdapat 0?lam kategori BSB, ada 17,77?lam kategori BSH, ada 31,11?lam kategori MB, dan ada 51,10?lam kategori BB. Sedangkan, sesudah diberikan perlakuan terdapat 55,55% pada kategori BSB, ada 28,88% pada kategori BSH, ada 3,11% pada kategori MB, dan 0% untuk kategori BB. Berdasarkan hasil penelitian diatas data disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bercerita terhadap perilaku sosial anak di kelompok B TK Satu Atap Petobo Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Selanjutnya perhitungan data dilakukan dengan Teknik Uji-t, sesuai dengan hasil data perhitungan uji-t dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung sebesar 18.547 dan untuk t tabel df sebesar 2.144 dengan taraf sig 0.000 karena signifikannya <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa bahwa Ho di tolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh metode cerita terhadap perkembangan perilaku sosial anak di kelompok B TK Satu Atap Petobo. Kata Kunci : Metode Bercerita, Perilaku Sosial, Anak Usia Dini

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up