JudulPENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK HARAPAN BARU |
Nama: DESELAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Deselah (2024) “Pengaruh Media Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dikelompok B TK Harapan Baru”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing I : Durrotunnisa Dan Pembimbing II : Zakiyyatul Imamah. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah perkembangan kognitif anak yang belum berkembang sesuai harapan. berkaitan dengan masalah tersebut dilakukan penelitian dengan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia dini dikelompok B TK Harapan Baru. Metode Penelitian ini adalah kuantitatif dan jenisnya eksperimen. Subjeknya 15 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentasi dan uji-t. Berdasarkan hasil rekapitulasi pengamatan perkembangan kognitif anak sebelum diberikan perlakuan dalam kategori Berkembang Sangat Baik, 0% anak dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, 24% anak dalam kategori Mulai Berkembang, 53% anak dalam kategori Belum Berkembang, 23%. Sesudah diberikan perlakuan diperoleh hasil 27% anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik, 49% anak dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, 24% anak dalam kategori Mulai Berkembang, dan 0% anak dalam kategori Belum Berkembang. Selanjutnya perhitungan data dilakukan dengan teknik uji-t. Sesuai hasil perhitungan data uji t, diketahui bahwa nilai t hitung 17,978 > t tabel 1.76131 dengan taraf signifikansi 0,01 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H? diterima, karena ada perbedaan rata-rata hasil sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan yang berarti terdapat pengaruh media puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia dini dikelompok B TK Harapan Baru. Sesuai kriteria pengujian hipotesisnya terbukti pada H1 diterima. Kata Kunci : Media Puzzle Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini |