JudulPENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS BAHAN LINGKUNGAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI ANAK DI TK ADELWEYS DODOLO |
Nama: ADINDA PUTRI TERESIA MANOPPO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Adinda Putri Teresia Manoppo (2024) “Pengaruh Alat Permainan Edukatif Berbasis Bahan Lingkungan Alam Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Anak di TK Adelweys Dodolo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Fitriana, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing (2) Zakiyyatul Imamah, S.Psi,.M.Psi. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi numerasi anak yang belum berkembang sesuai harapan disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang dimanfaatkan untuk meningkatkan minat belajar anak. Upaya meningkatkan kemampuan literasi numerasi anak dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh alat permainan edukatif berbasis bahan lingkungan alam terhadap kemampuan literasi numerasi anak dikelompok A TK Adelweys Dodolo, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenisnya eksperimen. Subjeknya 10 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentasi dan uji-t. Berdasarkan hasil rekapitulasi pengamatan kemampuan literasi numerasi anak sebelum diberikan perlakuan alat permainan edukatif berbasis bahan lingkungan alam berupa jagung, kacang, ranting dan daun tidak ada anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik, 20% anak dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, 53,3% anak dalam kategori Mulai Berkembang, 26,7% anak dalam kategori belum berkembang.Sesudah diberikan perlakuan diperoleh hasil 33,3% anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik, 43,3% anak dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, 23,3% Mulai Berkembang, dan dan tidak terdapat anak dalam kategori Belum Berkembang. Selanjutnya perhitungan data dilakukan dengan teknik uji-t. Sesuai hasil perhitungan data uji t, karena nilai t hitung 5.496> t tabel 1.83311 dengan taraf signifikan 0,001. Karena sig <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, karena ada perbedaan rata- rata hasil sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan yang berarti ada pengaruh alat permainan edukatif berbasis bahan lingkungan alam terhadap kemampuan literasi dan numerasi anak di TK Adelweys Dodolo Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif Berbasis Bahan Lingkungan alam, Kemampuan Literasi Numerasi. |