JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B1 TK NEGERI PEMBINA SAMPOROA |
Nama: SURIYANTI S.DG.PABALI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Suriyanti S. Dg. Pabali (2024) “Pengaruh Penggunaan Media Permainan Edukatif Puzzle Teradap Perkembangan Kognitif Anak di Kelompok B1 TK Negeri Pembina Samporoa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing I : Amrullah Dan Pembimbing II : Hesti Putri Setianingsih. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah perkembangan kognitif anak belum berkembang sesuai harapan. berkaitan dengan masalah tersebut dilakukan peneliti dengan bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan media permainan edukatif puzzle terhadap perkembangn kognitif anak di kelompok B1 TK Negeri Pembina Samporoa. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenisnya eksperimen. Subjeknya 16 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentasi dan uji-t. Berdasarkan hasil rekapitulasi pengamatan perkembangn kognitif anak sebelum diberikan perlakuan media permainan edukatif puzzle tidak ada anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik, 29,17% anak dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, 37,5% anak dalam kategori Mulai Berkembang, 33,33% anak dalam kategori belum berkembang. Sesudah diberikan perlakuan diperoleh hasil 29,17% anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik, 43,75% anak dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, 27,08% Mulai Berkembang, dan tidak terdapat anak dalam kategori Belum Berkembang. Selanjutnya perhitungan data dilakukan dengan teknik uji-t. Sesuai hasil perhitungan data uji t, karena nilai t hitung 10.987> t tabel 1.753 dengan taraf signifikan 0,01. Karena sig <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, karena ada perbedaan rata- rata hasil sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan yang berarti ada pengaruh penggunaan media permainan edukatif puzzle terhadap perkembangan kognitif anak di Kelompok B1 TK Negeri Pembina Samporoa.Sesuai kriteria pengujian hipotesisnya terbukti pada H1 diterima. Kata Kunci : Media Permainan Edukatif Puzzle, Perkembangan Kognitif Anak |