JudulPenanaman Nilai Nilai Budaya Toraja Dalam Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Di Kelompok Tk Pertiwi Ge'Tengan Kecamatan Mengkendek |
Nama: YOVENA CRISTIN MATTIARA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Yovena Cristin Mattiara (2025) “Penanaman Nilai-Nilai Budaya Toraja Dalam Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Di Kelompok B TK Peratiwi Ge’tengan Kecamatan Mengkendek”. Skripsi. Program Studi Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultan Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Satu Fitriana, Pembimbing kedua Sita Awalunisah dan Penguji Dr. Andi Agusniatih Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai budaya toraja dalam mengembangkan perilaku sosial anak Di Kelompok B TK Pertiwi Ge’tengan Kecamatan Mengkendek. Perilaku sosial menjadi hal yang sangat penting untuk dikembangkan sejak dini melalui berbagai kegiatan termasuk dengan penanaman nilai-nilai budaya agar anak juga dapat mengetahui budayanya dan budaya tidak luntur. Subjek dalam penelitian ini yaitu 15 anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat dilihat bahwa guru TK Pertiwi Ge’Tengan kecamatan mengkendek dalam pengenalan dan penerapan nilai budaya Toraja dalam mengkembangkan perilaku sosial, bahwa dari 3 aspek yang di amati yaitu gotong royong, tolong menolong, dan sopan santun untuk mengembangkan 3 aspek ini guru mengajak anak untuk melakukan kegiatan membuat rumah adat toraja dari kardus, kolase rumah adat toraja serta bermain dengan menggunakan permainan tradisional toraja seperti injak kaki. Guru juga memberikan penjelasan dan penguatan tentang bagaimana cara leluhur mereka berperilaku. Dengan hal tersebut perkembangan sosial anak terlihat dengan jelas, Dari ketiga aspek yang diamati peneliti menunjukkan hasil bahwa nilai-nilai budaya toraja dapat mengembangkan perilaku sosial anak di kelompok B TK Pertiwi Ge’Tengan kecamatan mengkendek. Kata Kunci : Nilai-nilai Budaya Toraja, Perilaku Sosial Anak |