Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK DI KELOMPOK B TK SATU ATAP PETOBO
Nama: DIAN HERSHINTA SAFITRI
Tahun: 2024
Abstrak
Dian Hershinta Safitri (2024) “Pengaruh Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak di Kelompok B TK Satu Atap Petobo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pebimbing (1) Dr. Hj. Durrotunnisa, S.Ag., M.Si dan Pebimbing (2) Fitriana, S.Pd., M.Pd. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah kemampuan bahasa anak yang belum berkembang sesuai harapan di karenakan guru di TK Satu Atap Petobo kurang menarik dalam menyiapkan media untuk digunakan pada saat bercerita. Faktor yang membuat anak belum berkembang adalah metode pembelajaran yang monoton baik dalam penyampaian saat belajar serta media yang di gunakan kurang kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan penggunaan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Hasil pengamatan dalam penelitian ini dari 21 anak didik yang menjadi subjek penelitian pada semua kategori aspek yang diamati dalam kegiatan metode bercerita dengan perkembangan bahasa anak, terdapat 55.55?lam kategori BSB, ada 22.22?lam kategori BSH, ada 22.23?lam kategori MB, dan 0?lam kategori BB. Kemudian berdasarkan hasil data perhitungan uji t diperoleh t hitung ? t tabel (20.088 ? 1.724), dan nilai signifikan 0.001< 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan bahasa anak di kelompok B TK Satu Atap Petobo. Setelah dilakukan penelitian mengenai metode bercerita, maka guru mulai tertarik untuk menerapkan metode bercerita dalam proses pembelajaran dengan mengembangkan cerita yang unik sesuai dengan usia anak dan juga menggunakan media yang menarik perhatian anak. Kata Kunci : Metode Bercerita, Bahasa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up