JudulEFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP PERKEMBANGAN BERBICARA ANAK DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA MELATI TONDO |
Nama: NOVA DEVIRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Nova Devira (2024). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Terhadap Perkembangan Berbicara Anak di Kelompok B TK Neger Pembina Melati Tondo. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) I Putu Suwika, Pembimbing (I) Sita Awalinisah Pada penggunaan media big book terhadap perkembangan berbicara anak sangat berpengaruh karena dengan menggunakan media big book anak akan lebih aktif berbicara, anak, lebih banyak mengungkapkan ide yang membuat anak semangat berbicara dan selain itu juga, anak akan tertarik dengan gambar yang besar yang memiliki banyak warna. Penelitian in bertujuan untuk perkembangan berbicara anak dengan penggunaan media big book. Penelitian in dilaksanakan di kelompok B TK Negeri Pembina Melati Tondo. Subjek penelitian ini anak kelompok B yang berjumlah 12 yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian in merupakan penelitian kuantitatif eksperimen Penelitian in bertujuan untuk perkembangan berbicara anak dengan menggunakan media big book. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Aspek yang diteliti, ketepatan ucapan, urutan kata yang tepat, dan kelancaran pengucapan. Hasil penelitian dari 3 aspek yang diamati menunjukkan bahwa data sebelum perlakuan menggunakan media big book Kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) terdapat 13,90%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) terdapat 25%, kategori Mulai Berkembang (MB) terdapat 30,55%, dan kategori Belum Berkembang (MB) terdapat 30,55%. Sesudah diberi perlakuan yaitu kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) terdapat 33,33%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) terdapat 47,22%, kategori Mulai Berkembang (MB) terdapat 13,90%, dan kategori Belum Berkembang (BB) terdapat 5,55%. Di ketahui bahwa nilai t hitung adalah sebesar 6.589 sehingga nilai 6.589>1.79588 akan dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan HI diterima, berarti penggunaan media big book efektif terhadap perkembangan berbicara anak di Kelompok B di TK Negeri Pembina Melati Tondo. Kata Kunci: Media Big Book, Perkembangan Berbicara |