JudulPengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Dikelompok B RA DDI Pasangkayu |
Nama: KADERIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan berbicara di Kelompok B RA DDI Pasangkayu. Subjek penelitian berjumlah 24 anak Kelompok B tahun ajaran 2023/2024. Dengan menggunakan metode kuantitatif melalui desain riset one group pre test – post test. Melakukan penelitian melalui pengamatan langsung terhadap kemampuan berbicara anak melalui penggunaan audio visual. Melalui hasil observasi awal perlakuan belum ada aspek Berkembang Sangat Baik, terdapat 6,93% aspek Berkembang Sesuai Harapan, 48,6% aspek Mulai Berkembang, serta 44,43% aspek Belum Berkembang. Kemudian hasil observasi sesudah perlakuan 43,05% aspek Berkembang Sangat Baik, 40,27% aspek Berkembang Sesuai Harapan, 16,66% aspek Mulai Berkembang serta belum ada anak aspek Belum Berkembang. Selanjutnya sesuai hasil perhitungan uji-t diketahui bahwa nilai thitung -14,454 tanda plus minus pada uji-t tidak diperhatikan sehingga nilai thitung > ttabel (14,454 > 2,06866), diberikan simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan berbicara anak di Kelompok B RA DDI Pasangkayu. Kata Kunci : Audio visual, Kemampuan berbicara , Anak usia dini |