JudulPENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AL-KHAIRAAT BATUSUYA |
Nama: REZKIYANA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Rezkiyana (2024) “Pengembangan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A TK Al-Khairaat Batusuya Desa Batusuya Kec. Sindue Tombusabora. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1 : Durrotunnisa, Pembimbing 2 : Sita Awalunisah, Penguji : Dr. Andi Agusniatih, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan media Flashcard dan untuk menstimulasi kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al-Khairaat Batusuya Desa Batusuya Kec. Sindue Tombusabora, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, dengan subjek penelitian seluruh anak di kelompok A. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan pengembangan (R&D) ini dilakukan untuk (1) mengetahui penerapan media Flashcard terhadap kemampuan mengenal huruf dengan menggunakan model ADDIE, (2) mengetahui kemampuan mengenal huruf pada anak usia kelompok A dan (3) mengetahui pengembangan media Flashcard terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A. Berdasarkan penilaian ahli materi dan media, dan penilaian oleh Praktisi Al-Khairaat Batusuya yang diuji cobakan kepada anak kelompok A. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Analysis berupa (meet assesment) dalam skala kecil berupa wawancara disalah satu lembaga PAUD. Design merupakan tahap perencanaan produk media Flashcard. Development merupakan tahap pembuatan produk serta penilaian produk kepada dosen ahli. Implementation merupakan tahap diujikannya produk kepada anak Kelompok A. Evaluation merupakan tahap revisi dari hasil penelitian dan uji coba lapangan. Hasil penelitian dan pengembangan media Flashcard. Menurut penilaian dosen ahli media dan materi menunjukkan skor 93,7?ngan kategori sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi, menurut validasi media yang dilakukan oleh Praktisi TK Al-khairaat Batusuya menunjukkan skor 94,4?ngan kategori sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Dan setelah di lakukan penerapan terdapat perkembangan pada kemampuan mengenal huruf pada anak. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa produk media Flashcard untuk kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A dapat dikatakan sangat valid dengan kategori layak digunakan. Kata kunci : Pengembangan, Media Flashcard, Kemampuan Mengenal Huruf. |