Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DI KELOMPOK B1 TK CENDEKIA TADULAKO
Nama: NURAINUN A.
Tahun: 2024
Abstrak
Nurainun A. (2024). “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Di Kelompok B1 TK Cendekia Tadulako”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Pertama Hj. Durrotunnisa, dan Pembimbing kedua Sita Awalunisah. Penelitian ini tentang Kemampuan berbicara anak yang masih rendah dan sangat mendasar untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan berbicara anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian berjumlah 11 anak terdiri dari 5 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Rata-rata nilai kemampuan berbicara anak Ada 33,33?lam kategori Berkembang sangat baik (BSB), ada 48,49?lam kategori berkembang sesuai harapan (BSH), ada 15,15?lam kategori mulai berkembang (MB), dan ada 3.03?lam kategori belum berkembang (BB). Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji t. Jika dilihat dari nilai t dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung sebesar -15.656 dengan signifikan 0,000. Karena signifikan <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak di kelompok B1 TK Cendekia Tadulako. Kata Kunci : Metode Bercerita, Kemampuan Berbicara Anak, Anak Usia Dini.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up