JudulPenanaman Karakter Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Lagu Di TK Kemala Bhayangkari 02 Palu |
Nama: NUR FAIDAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nur Faidah (2024) Penanaman Karakter Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Lagu Di TK Kemala Bhayangkari 02 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Andi Agusniatih. (2) Jane M. Monepa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemosrotan nilai-nilai karakter anak maraknya pergaulan bebas, aksi tawuran dan lunturnya nilai budaya. Hal ini menjadi kekhawatiran bagi anak usia dini sebagai penerus generasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian lagu terhadap karakter anak. Metode penelitian digunakan adalah kuantitatif jenis penelitian eskperimen murni. Populasi penelitian adalah kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 02 palu dengan sampel 15 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui uji signifikan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sebelum diberi perlakuan atau jumlah nilai Pretest Perkembangan Toleransi 33% anak tergolong kategori BB, 46,67 % anak tergolong MB, 20% anak tergolong BSH, dan BSB 0 %. Perkembangan Anti Kekerasan 13,34 % anak tergolong BB, 53,33 % anak tergolong MB, 33,33 % anak tergolong BSH, 0% tergolong BSB. Perkembangan Kebangsaan 53,33 % anak tergolong BB, 46,67 % anak tergolong MB, 0% tergolong BSH, 0% tergolong BSB. Setelah pemberian perlakuan nilai Postest karakter Toleransi 0% anak tergolong BB, 20% anak tergolong MB, 46,67 % anak tergolong BSH dan 33,33% tergolong BSB. Anti kekerasan 0% anak tergolong BB, 20 % anak tergolong MB, 53,33% anak tergolong BSH dan 26,67 % anak tergolong BSB. Kebangsaan 0% anak tergolong BB, 60 % anak tergolong MB, 33,33% anak tergolong BSH dan 6,67 % anak tergolong BSB. Sedangkan sesuai uji t-hitung> t-tabel (0,001 > 3,182) berdasarkan perbandingan nilai signifikansi < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh terhadap penanaman karakter melalui lagu di TK Kemala Bhayangkari 02 Palu. Kata Kunci : Karakter, Metode Pembelajaran, Anti Kekerasan, Kebangsaan, Lagu anak, Anak usia dini |