JudulPenanaman Nilai Keagamaan Dan Moral Melalui Kegiatan Bernyanyi Religi Pada Anak Usia Dini Di TK Cendekia Tadulako |
Nama: NURHAEMING SUDAMARA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nurhaeming Sudamara (2024) " Penanaman Nilai Keagamaan dan Moral Melalui Kegiatan Bernyanyi Religi Pada Anak Usia Dini di Kelompok B2 TK Cendekia Tadulako". Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Nurhayati, (2) Amrullah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengimplementasikan penanaman kegiatan bernyanyi religi, nilai keagamaan dan moral anak usia dini, serta hambatan dan solusi dalam kegiatan bernyanyi religi terhadap nilai keagamaan dan moral pada anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yakni mendeskripsikan secara jelas dan rinci peristiwa atau suatu kejadian tentang penanaman nilai keagamaan dan moral melalui kegiatan bernyanyi religi serta mendapatkan data yang lebih mendalam mengenai data yang menjadi fokus penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian bahwa guru di TK Cendekia Tadulako dapat mengimplementasikan penanaman nilai keagamaan dan moral melalui kegiatan bernyanyi religi, sebelum pembelajaran berlangsung guru memberikan kegiatan bernyanyi terlebih dahulu dan memberikan kesempatan pada anak untuk bernyanyi tanpa bantuan guru. Pada saat melaksanakan kegiatan bernyanyi religi guru menerapkan empat aspek kegiatan bernyanyi religi yakni menyanyikan dua kalimat syahadat, menyanyikan rukun iman dan rukun islam, menyanyikan nama-nama nabi dan rasul, yang terakhir mencuci tangan. Hasil penelitian melalui pengamatan minggu pertama sampai minggu keempat, bahwa penanaman nilai keagamaan dan moral terhadap kegiatan bernyanyi religi pada anak usia dini bahwa dari 4 aspek yang diamati dua kalimat syahadat, rukun iman dan rukun islam, nama-nama nabi dan rasul, mencuci tangan anak sudah menunjukkan perkembangan dengan baik sesama dengan indikator dan penilaian guru. Kata Kunci: Nilai Keagamaan dan Moral, Bernyanyi Religi, Anak Usia Dini |