Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeranan Menggambar Bebas Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Kelompok B TK Negeri Pembina Palu
Nama: SRI RAMAYANTI
Tahun: 2025
Abstrak
Sri Ramayanti (2024). “Peranan Menggambar Bebas Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Dikelompok B TK Negeri Pembna Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,Jurusan Ilmu Pendidikan,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Pertama Sita Awalunisah, dan Pembimbing Kedua Hesti Putri Setianingih. Penelitian ini tentang Kreativitas anak yang masih rendah dalam mengapresiasikan serta menghasilkan sesuatu yang baru. Masalah dalam penelitian ini adalah kreativitas anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peranan menggambar bebas terhaap kreativitas anak. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian berjumlah 14 anak terdiri dari 8 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Rata-rata nilai kreativitas anak Ada 21?lam kategori Berkembang sangat baik (BSB), ada 42?lam kategori berkembang sesuai harapan (BSH), ada 26?lam kategori mulai berkembang (MB), dan ada 9?lam kategori belum berkembang (BB). Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji t. Jika dilihat dari nilai t dapat dijelaskan bahwa nilai thitung > ttabel (-16.783>2.26419) pada uji t tanda plus minus tidak diperhatikan dengan signifikan 0,000. Karena signifikan <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, berarti terdapat Peranan Mneggambar Bebas Terhadap Kreativitas Ana Usia 5-6 Tahun Dikelompok B TK Negeri Pembina Palu. Kata Kunci : Kreativitas Anak, Menggambar Bebas, Anak Usia Dini.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up