JudulPeranan Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Pada Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Palu |
Nama: DINY ASTARI SUPRIATNA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Diny Astari, 2024. “Peranan Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak di Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Fitriana (2) Sita Awalunisah Aplikasi tiktok semakin banyak di gunakan oleh masyarakat untuk membuat konten atau untuk online shop. Namun masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut, telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peranan penggunaan aplikasi tiktok terhadap kemampuan motorik kasar anak. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu 16 orang anak di kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Palu. Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil observasi pada minggu pertama kelincahan kategori BSB 0%, BSH 0%, MB 12,5%, BB 87,5%, kecepatan kategori BSB 0%, BSH 6,25%, MB 18,75%, BB 75%, dan gerakan anggota tubuh BSB 0%, BSH 12,5%, MB 6,25%, BB 81,25%. Sedangkan observasi pada minggu keempat memperoleh rekapitulasi yang mengalami kenaikan yang signifikan, kelincahan kategori BSB 37,5%, BSH 50%, MB 6,25%, BB 6,25%, kecepatan kategori BSB 25%, BSH 37,5%, MB 18,75%, BB 18,75%, dan gerakan anggota tubuh kategori BSB 31,25%, BSH 43,75%, MB 12,5?n BB 12,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peranan permainan penggunaan aplikasi tiktok terhadap kemampuan motorik kasar anak dikelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Palu. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian dari minggu pertama sampai minggu keempat. Kata Kunci: Aplikasi Tiktok, Kemampuan Motorik Kasar Anak, Anak Usia Dini |