Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Metode Membaca Nyaring (Read Aloud) Terhadap kemampuan Berbahasa Anak Di kelompok B TK Negeri Pembina Melati Tondo
Nama: NAHRA
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Nahra,2024.”Pengaruh Metode Membaca Nyaring (Read Aloud) terhadap Kemampuan Berbahasa Anak di Kelompok B TK Negeri Pembina Melati Tondo”. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : (1) Amrullah (2) Hesti Putri Setianingsih. Permasalahan utama dalam penelitian ini, yaitu kemampuan berbahasa anak belum berkembang sesuai harapan. Kemampuan berbahasa menjadi hal yang sangat penting karena bahasa merupakan sarana berkomunikasi,berinteraksi dengan orang lain, ada berbagai macam kegiatan yang dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan berbahasa anak salah satunya menggunakan metode membaca nyaring. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh metode membaca nyaring terhadap kemampuan bahasa anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah anak – anak kelompok B sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data lapangan menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan perlakuan rekapitulasinya diperoleh rata – rata 0% anak yang tergolong kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan rata – rata 22,3% anak, kategori Mulai Berkembang (MB) dengan rata - rata35,5 % anak dan kategori Belum Berkembang (BB) dengan rata – rata 42,2% anak. Dan sesudah diberikan perlakuan rekapitulasi dengan rata – rata 17,7% anak yang tergolong kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), kategori Berkembang Sesuai Harapaan (BSH) dengan rata-rata 44,6% anak, kategori Mulai Berkembang (MB) dengan rata – rata 37,7% anak dan kategori Belum Berkembang (BB) dengan rata – rata 0% anak. Sedangkan sesuai uji t memperoleh nilai t-hitung > t-tabel (11,014 > 2,14479) berdasarkan perbandingan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Metode membaca nyaring (Read Aloud) terhadap kemampuan berbahasa anak di kelompok B TK Negeri Pembina Melati Tondo. Kata kunci : Metode Membaca Nyaring (Read Aloud), Kemampuan Berbahasa, Anak Usia Dini.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up