JudulPengaruh Kegiatan Market Day Terhadap Perkembangan Kemampuan Entrepreneurship Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelompok B TK Ade Irma Bungku |
Nama: INTAN CAHAYANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Intan Cahayani (2024) Pengaruh Kegiatan Market Day Terhadap Perkembangan Entrepreneurship Anak Usia 5-6 Tahun di Kelompok B TK Ade Irma Bungku". Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I): I Putu Suwika, Pembimbing (II): Fitriana, Penguji: Andi Agusniatih. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Kemampuan Entrepreneurship pada anak yang belum berkembang sesuai harapan, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan Market Day terhadap perkembangan kemampuan Entrepreneurship anak Usia 5-6. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini di laksanakan di kelompok B TK Ade Irma Bungku Subjek penelitian berjumlah 18 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat pada hasil rekapitulasi dari semua aspek sebelum perlakuan terdapat 11,11% kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 18,52% kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 24,1% kategori Mulai Berkembang (MB), dan 40,74% kategori Belum Berkembang (BB). Sedangkan sesudah perlakuan terdapat 31,5% kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 50% kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 18,52% kategori Mulai Berkembang (MB), dan 0% kategori Belum Berkembang (BB). Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji t. Jika di lihat dari nilai t dapat di jelaskan bahwa nilai t hitung sebesar -17.769 dan untuk t-tabel df 17 sebesar 1.73961 sehingga nilai t- hitung > t-tabel (17.769 > 1.73961) maka Ha diterima dan HO ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh kegiatan Market day terhadap perkembangan kemampuan Entrepreneurship anak di Kelompok B TK Ade Irma. Kata Kunci: Entrepreneurship, Kegiatan Market Day, Anak Usia Dini |