JudulPengembangan Buku Dongeng AUD Berbasis Budaya Cerita Rakyat Tadulako Bulili Dalam Upaya Menstimulasi Jati Diri Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Khalifa. |
Nama: NURAFIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nurafia (2024) “ Pengembangan Buku Dongeng Aud Berbasis Budaya Cerita Rakyat Tadulako Bulili dalam Upaya Menstimulasi Jati Diri Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Khalifa ”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1 : Fitriana, Pembimbing 2 : Zakiyyatul Imama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan buku dongeng Tadulako Bulili dan untuk menstimulasi jati diri anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TK Khalifa, dengan subjek penelitian seluruh anak dikelompok B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan pengembangan (R&D) ini dilakukan untuk (1) mengetahui pengembangan produk buku dongeng Tadulako Bulili dengan menggunakan model ADDIE dan (2) mengetahui kelayakan buku dongeng Tadulako Bulili dan untuk menstimulasi jati diri anak usia 5-6 Tahun. Berdasarkan penilaian ahli materi, media, dan Ahli Bahasa, dan diuji cobakan kepada anak kelompok B. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Menurut penilaian dosen ahli media dan materi menunjukkan skor 88?ngan kategori sangat valid dan menurut penilaian dosen ahli bahasa menunjukan skor 83?ngan kategori sangat valid. Setelah di lakukan uji coba kepada anak, dengan 3 aspek yang ingin distimulasi yaitu kepemimpinan, tanggung jawab, dan kemandirian. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa produk buku dongeng Tadulako Bulili dikatakan Layak dengan kategori sangat valid dan dapat menstimulasi jati diri anak usia 5-6 tahun. Kata kunci : Buku Dongeng Tadulako Bulili, Jati Diri, Anak Usia 5 – 6 Tahun. |