JudulAnalisis Pembelajaran Nilai-Nilai Agama Dan Moral Dalam Tayangan Film Kartun Upin Dan Ipin Usia 5-6 Tahun Di TK Tunas Rimba Kota Palu |
Nama: INDAH RAHIFATUL AINI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Indah Rahifatul Aini (2024), "Analisis Pembelajaran Nilai-Nilai Agama Dan Moral Dalam Tayangan Film Kartun Upin Dan Ipin Usia 5-6 Tahun Di TK Tunas Rimba Kota Palu". Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Nurhayati (2) Zakiyyatul Imamah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran nilai-nilai agama dan moral dalam tayangan film kartun Upin dan Ipin usia 5-6 tahun di TK Tunas Rimba Kota Palu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pembelajaran mengenai nilai agama dan moral pada diri anak. Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi elemen-elemen yang mengandung nilai-nilai agama dan moral, sebagaimana 3 aspek yang akan peneliti amati yaitu aspek taat beribadah, tolong menolong, dan sabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tayangan ini mengandung berbagai pesan moral yang relevan dan dapat diterima oleh anak usia dini. Namun, terdapat beberapa aspek yang memerlukan perhatian lebih lanjut untuk memastikan bahwa pesan-pesan tersebut disampaikan dengan cara yang sesuai dengan pemahaman dan kebutuhan perkembangan anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pembelajaran mengenai nilai agama dan moral pada diri anak. Adapun subjek penelitian melibatkan 14 orang anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Adapun analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Kata Kunci: Nilai Agama dan Moral, Film Kartun Upin dan Ipin, Anak Usia Dini |