Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA KAILI ANAK MELALUI PEMBELAJARAN KEARIFAN LOKAL BUDAYA KAILI DI KELOMPOK B2 TK NEGERI PEMBINA SAMPOROA VATUTELA
Nama: SILVINA
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK SILVINA (2024) Peningkatan Perkembangan Bahasa Kaili Anak Melalui Pembelajaran Kearifan Lokal Budaya Kaili di Kelompok B2 TK Negeri Pembina Samporoa Vatutela. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, (1) Andi Agusniatih. (2) Fitriana. Hasil dari data kuantitatif terhadap peningkatan perkembangan Bahasa kaili anak melalui pembelajaran kearifan lokal berbasis budaya kaili hasil asesmen awal dan hasil asessmen akhir dengan menggunakan rumus presentasi rata-rata, yang dilakukan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran kearifan lokal budaya kaili dapat meningkatkan kemampuan perkembangan Bahasa kaili anak usia dini secara signifikan. Analisis data dengan statistic deskriptif disajikan dalam bentuk table atau grafik. Analisis data yang digunakan sebelum selama dan sesudah pengumpulan data atau dilakukan dalam satu putaran siklus yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan evaluasi Tindakan di setiap tahap penelitian. Setelah tindakan selesai dilaksanakan, maka hasil pengamatan yang berupa lembar observasi dilanjutkan pada tahap analisis data kuantitatif berupa perhitungan aspek perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa kaili anak melalui pembelajaran kearifan lokal berbasis budaya kaili pada anak di TK Negeri Pembina Samporoa Vatutela. Jenis penelitian ini adalah Mix method. Adapun Tindakan yang dilakukan terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dimana memiliki empat tahapan yaitu tahapan perencanaan, tahapan tindakan, tahapan pengamatan, dan tahapan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan pembelajaran kearifan lokal berbasisi budaya kaili terhadap perkembangan Bahasa kaili anak di kelompok B2, dapat dibuktikan adanya kenaikan rata-rata skor pada Pra siklus 5,4, siklus I sebesar 7,3, dan siklus II 10,3 dari TCPMax 12. Kata Kunci: Kearifan Lokal Budaya Kaili, Kemampuan Bahasa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up