JudulHUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN LORE TENGAH, KABUPATEN POSO |
Nama: VIVI DELVIANA BENGKO |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Vivi Delviana Bengko (2024). ?Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun Di Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso? . Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Andi Agusniatih (2) Jane Marriem Monepa Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan pola asuh orang dengan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis korelasi, hal ini disebabkan peneliti ingin mendeskripsikan secara jelas dan rinci peristiwa atau suatu kejadian tentang hubungan pola asuh orang tua dengan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun serta mendapatkan data yang lebih mendalam mengenai data yang menjadi fokus penelitian. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh orang tua yang paling banyak diterapkan orang tua yaitu pola asuh tidak terlibat dengan jumlah 51 orang tua dan persentase 51,0%, pola asuh demokratis dengan jumlah 35 orang tua dengan persentase 35,0%, pola asuh permissif dengan jumlah 10 orang tua dan persentase 10,0%, dan pola asuh otoriter dengan jumlah 4 orang tua dan persentase 4,0%. Selanjutnya kedisiplinan menunjukan bahwa anak yang tidak disiplin berjumlah 48 anak dengan persentase 48,0%, dan yang disiplin 52 anak dengan persentase 52,0%. Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh nilai r hitung > r tabel (0,190>0,01638) maka dapat disimpulkan Ho di tolak dan Ha diterima. Jadi terdapat hubungan signifikansi antara pola asuh orang tua dengan kedisiplinan anak menunjukan hasil p=0,002 (p>0,05) maka Ho ditolak yang artinya ada hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso. Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kedisiplinan anak usia 5-6 Tahun |