Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERAN GURU DALAM MENSTIMULASI KARAKTER DISIPLIN ANAK DI PAUD KAMBOJA DESA TUNGGALING KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN
Nama: NOVANTI E.YAUMA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Novanti E. Yauma 2025. Peran Guru Dalam Menstimulasi Karakter Disiplin Di PAUD Kamboja Desa Tunggaling Kabupaten Banggai Kepulauan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing I Ibu Fitriana, S.Pd., M.Pd dan Dosen Pembimbing II Ibu Hesti Putri Setianingsih, S.Pd., M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam menstimulasi karakter disiplin di PAUD Kamboja Desa Tunggaling Kabupaten Banggai Kepulauan. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, melalui metode ini akan mendeskripsikan peran guru dalam menstimulasi karakter disiplin di PAUD Kamboja Desa Tunggaling Kabupaten Banggai Kepulauan. Pelaksanaan pendidikan karakter sejak usia dini penting dalam membentuk karakter anak dengan memanfaatkan masa emas pertumbuhannya. Oleh karena itu pendidik diharapkan mempunyai kemampuan dalam menanamkan nilai-nilai karakter terhadap anak usia dini. Adapun penerapan dan perencanaan serta pelaksanaan dalam pembiasaan yang dilakukan anak tentunya tidak terlepas dari peran guru dalam mengembangkan karakter anak. Berdasarkan hasil observasi dengan guru di PAUD Kamboja Desa Tunggaling Kabupaten Banggai Kepulauan dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam menstimulasi karakter disiplin adalah seorang guru selalu memberikan contoh yang baik kepada anak seperti selalu bersikap sabar, telaten, datang lebih awal untuk menyambut kedatangan anak didiknya, membiasakan untuk disiplin mengantri ketika mencuci tangan, mampu menempatkan sesuatu pada tempatnya dan bersikap peduli terhadap sesama. Hambatan yang sering dialami oleh para guru adalah kurangnya tanggung jawab, partisipasi dan dukungan dari orang tua serta perbedaan daya tangkap anak yang belum mampu menumbuhkan rasa percaya diri yang kuat untuk berinteraksi di dalam kelas, sehingga harus diberikan dorongan dan stimulasi yang tepat agar anak dapat menerima dan mampu menanamkan karakter disiplin secara bertahap. Kata Kunci: Peran Guru dan Karakter Disiplin.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up