JudulImplementasi Pembelajaran Kontekstual Di TK Islam Bina Anak Bangsa |
Nama: MERCY RISMAULI SITORUS |
Tahun: 2023 |
Abstrak Mercy Rismauli Sitorus (2023). “Implementasi Pembelajaran Kontekstual di TK Islam Bina Anak Bangsa”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Fitriana, S.Pd.,M.Pd (2) Amrullah, S.Pd.,M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, hal ini disebabkan peneliti ingin mendeskripsikan secara jelas dan rinci peristiwa atau suatu kejadian tentang implementasi pembelajaran kontekstual serta mendapatkan data yang lebih mendalam mengenai data yang menjadi fokus penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kontekstual diterapkan oleh guru melalui kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan minat anak, sebelum melakukan kegiatan guru dan anak melakukan kesepakatan bersama sehingga pembelajaran terasa menyenangkan karena ada kerjasama antara guru dan anak. Pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran guru menerapkan ketujuh aspek pembelajaran kontekstual yakni konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian sebenarnya. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Guru, Anak Usia Dini |