JudulPengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Kelompok B TK Islam Lisaanul Arab Kampal |
Nama: TRI CAHYANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Tri Cahyani (2024) “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Kelompok B TK Islam Lisaanul Arab Kampal”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Durrotunnisa, Pembimbing (II) Zakiyatul Imamah Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan bahasa anak belum berkembang sesuai harapan, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa pada anak, penelitian ini tentang pengaruh penggunaan media gambar terhadap perkembangan bahasa anak di kelompok B TK Islam Lisaanul Arab Kampal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen. Dengan melibatkan 14 orang anak yang terdiri 5 anak laki-laki dan 9 anak perempuan, terdaftar pada tahun 2024. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui (1) lembar observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Berdasarkan hasil rekapitulasi perkembangan bahasa anak sebelum diberikan perlakuan penggunaan media gambar terhadap perkembangan bahasa anak, ada 2,3?lam kategori berkembang sangat baik, ada 14,3?lam kategori berkembang sesuai harapan, ada 38,1%, dalam kategori mulai berkembang, ada 45,3?lam kategori belum berkembang. Sesudah diberikan perlakuan ada 42,9?lam kategori berkembang sangat baik, ada 33,3?lam kategori berkembang sesuai harapan, ada 19?lam kategori mulai berkembang, ada 4,8?lam kategori belum berkembang. Selanjutnya Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase uji t (paired sampel t-tes).berdasarkan hasil data perhitungan uji t, diperoleh nilai thitung > ttabel (10,875< 1,770) maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh pengaruh penggunaan media gambar terhadap perkembangan bahasa anak. Kata Kunci: Media Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. |