JudulPENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MENGGAMBAR DI KELOMPOK B TK NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU |
Nama: DEWI ALFIRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Dewi Alfira, 2024, Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Anak Menggambar Di Kelompok B TK Negeri Model Terpadu Madani Palu, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1 Drs. I Putu Suwika, M.Si. Pembimbing 11 Amrullah,S.Pd.,M.Pd Masalah yang terjadi dalam penelitian ini adalah pengaruh media gambar terhadap kemampuan anak menggambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan media gambar, khususnya menggambar bebas dan menggambar tanda tertentu, terhadap kemampuan anak-anak dalam menggambar di Kelompok B TK Negeri Model Terpadu Madani Palu. Metode penelitian menggunakan kuantitatif menggunakan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media gambar di Kelompok B TK Negeri Model Terpadu Madani Palu dengan jumlah 16 siswa. Rata –rata nilai kemampuan motorik kasar anak terdapat tiga aspek yang diamati, 6,25?rada dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 18,75?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 31,25?lam kategori Mulai Berkembang (MB), dan 43,75?lam kategori Belum Berkembang (BB). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil analisis data menunjuukan uji T pada nilai sig untuk aktivitas sebelum perlakuan adalah 0,00 dan nilai sig untuk aktivitas setelah perlakuan adalah 0,002. Pada uji hipotesis menggunakan model ANOVA bahwa nilai F hitung = 0,024 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan uji hipotesis ada pengaruh variable Trust hasil menggambar bebas (X) terhadap variable partisipasi hasil menggambar tanda tertentu (Y). Kata Kunci: Media Gambar, Kemampuan Anak Menggambar, Kelompok B |