Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Media Video Animasi Youtube Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah IV Palu
Nama: TIARA RIZKY AUDINA
Tahun: 2024
Abstrak
Tiara Rizky Audina (2024), Pengaruh Media Video Animasi Youtube Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah IV Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing I Dr. Andi Agusniatih, M.Si, Pembimbing II Amrullah S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu masih belum berkembang kemampuan berbicara pada anak. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan media video animasi youtube yakni video cerita dongeng dengan tema binatang buas, metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, adapun jenis penelitian ini adalah eksperimen, aspek yang di teliti yaitu aspek penguasaan kosa kata, aspek kemampuan menjawab pertanyaan, aspek menceritakan kembali cerita yang di tonton. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelompok B TK Aisyiyah IV Palu yang berjumlah 14 anak yang belum berkembang kemampuan berbicara. Data sebelum perlakuan menggunakan media video animasi youtube (0%) BSB, (21,43%) BSH, (42,86%) MB, (35,71%) BB. Sesudah perlakuan (21,43%) BSB, (42,86%) BSH, (28,57%) MB, (7,14%) BB. Di ketahui bahwa nilai t hitung adalah sebesar -10,212 pada uji t tanda plus minus tidak diperhatikan sehingga nilai 10,212 > 1,770, dan Berdasarkan perbandingan di ketahui nilai Signifikasi 0,00 < 0.05 sesuai dengan dasar kemampuan keputusan dalam Paired Samples test maka dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan H1 di terima yang berarti terdapat pengaruh media video animasi youtube terhadap perkembagan Bahasa anak di kelompok B TK Aisyiyah IV Palu. Kata kunci : Anak Usia Dini, Media Video Animasi Youtube, Perkembangan Bahasa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up