JudulPENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEDULI LINGKUNGAN ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA MELATI TONDO KOTA PALU |
Nama: NUR ATHIFA KHULUBANA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Pengembangan buku cerita bergambar ini dibuat sebagai salah satu alternatif untuk menanamkan kebiasaan membaca dan menjadi sumber belajar yang menarik untuk menanamkan nilai karakter peduli lingkungan pada anak. Penelitian dan pengembangan (R&D) ini dilakukan untuk (1) Mengetahui pengembangan buku cerita bergambar sebagai media pembelajaran peduli lingkungan anak usia 5 – 6 tahun dengan menggunakan model ADDIE, dan (2) Mengetahui kelayakan buku cerita bergambar sebagai media pembelajaran peduli lingkungan pada anak usia 5 – 6 tahun berdasarkan penilaian ahli materi, dua ahli media, satu pendidik PAUD, dan diuji cobakan kepada 19 peserta didik. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Analisis berupa (meet assesment) dalam skala kecil berupa survei di toko buku dan wawancara disalah satu lembaga PAUD. Desain tahap perencanaan produk, Development tahap pembuatan produk serta penilaian produk kepada dosen ahli dan guru. Implementatsi tahap diujikannya produk kepada 19 peserta didik usia 5 – 6 tahun. Evaluation tahap revisi dari hasil penelitian dan uji coba lapangan. Hasil penelitian dan pengembangan buku cerita bergambar berdasarkan penilaian dosen ahli materi (tentang isi cerita yang sesuai dengan anak usia 5 – 6 tahun) Cukup Baik dengan skor 3,1. Menurut penilaian dosen ahli media I (tentang gambar sampul dan gambar ilustrasi cerita) menunjukkan Baik dengan skor 4,0. Menurut penilaian dosen ahli media II Sangat Baik dengan skor 4,8. Dan menurut penilaian guru PAUD sebagai pengguna Sangat Baik dengan skor 5,0. Hasil akhir kualitas buku cerita bergambar adalah Sangat Baik dengan skor 4,2 rata – rata penilaian dari 4 pihak penguji. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa produk buku cerita bergambar sebagai media pembelajaran peduli lingkungan anak usia 5 – 6 tahun dikatakan Layak dengan kategori Sangat Baik. |