JudulPeran Guru Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Pada Anak Di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 14 Brimob |
Nama: YULIGATUN SYAFIRA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Yuligatun Syafira, (2023). Peran guru dalam menanamkan nilai toleransi pada anak di kelompok B TK Kemala Bhayangkrari 14 Brimob. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Fitriana (II) Sita Awalunisah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan nilai toleransi pada anak. Berdasarkan hasil pengamatan, guru menanamkan nilai toleransi pada anak berkembang sesuai harapan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan metode penelitian adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian peran guru dalam menanamkan nilai toleransi pada anak, sebelum melakukan pembelajaran guru merancang kurikulum terlebih dahulu untuk menanamkan dalam diri anak sikap saling menghargai, menghormati dan menerima perbedaan antar sesama. Dalam hal ini, yang dilakukan dalam menanamkan sikap menghargai seperti, mengajarkan pada anak untuk memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Dalam menanamkan sikap menghormati seperti, orang lain menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya dan anak berusaha menciptakan suasana tenang. Sedangkan dalam menanamkan sikap menerima perbedaan dilakukan seperti, anak dapat menerima kekurangan orang lain dan mau bermain bersama tanpa membeda-bedakan teman yang berlainan agama. Dengan demikian keterlibatan guru dalam menanamkan nilai toleransi sangat membantu anak agar nilai toleransi pada anak lebih berkembang lagi. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Peran Guru, Toleransi anak |