Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulGENERASI MILLENIAL SEBAGAI AGEN MODERASI BERAGAMA DALAM MENANGKAL FAHAM RADIKALISME PADA ANAK USIA DINI DI TK MELATI MAYAJAYA KABUPATEN POSO
Nama: HANIF MAULIDA
Tahun: 2023
Abstrak
Hanif Maulida, 2023. Pembelajaran moderasi beragama dalam menangkal paham radikalisme untuk menangkal penyebarannya terutama pada masa golden age sangat urgen untuk diberikan pemahaman sebagai pencegahan kerusakan moral yang lebih jauh. Generasi milenial diharapkan dapat menjadi agen moderasi beragama untuk menangkal paham radikalisme yang berkembang di kalangan anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran moderasi beragama dalam menangkal paham radikalisme pada anak. Metode yang digunakan adalah melalui observasi, tanya jawab, penyimpanan data atau pengarsipan. Hasil penelitian membuktikan bahwa dalam menangkal paham radikalisme pada anak usia dini melalui pembelajaran moderasi beragama dapat mempengaruh pemahaman dalam menangkal paham radikalisme sesuai dengan tingkat perkembangan dan usia anak. Pembelajaran moderasi beragama dalam menangkal paham radikalisme khususnya pada masa golden age yang menggunakan kurikulum 13 yang diajarkan oleh guru. Ada 3 aspek yang diamati, yaitu anti kekerasan, toleransi dan kebangsaan bahwa ada peningkatan pada anak dari 3 aspek yang diamati sesuai dengan tumbuh kembang dan usia anak dengan indikator dari penilaian guru. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran moderasi beragama dalam menangkal paham radikalisme pada generasi milenial khususnya anak usia dini. Kata kunci: Generasi milenial, radikalisme, moderasi beragam

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up