JudulPERANAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK ALKHAIRAAT POTOYA KABUPATEN SIGI |
Nama: SARAH LESTARI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Sarah Lestari. (2023). Peranan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Alkhairaat Potoya Kabupaten Sigi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Fitriana dan Pembimbing II Amrullah. Masalah utama dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak belum berkembang sesuai harapan. Aspek dalam penelitian ini adalah Kekuatan berjalan sambil berjinjit, Keseimbangan berdiri dengan satu kaki dan Ketangkasan menangkap bola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan metode demonstrasi dengan kemampuan motorik kasar anak di TK Alkhairaat Potoya kabupaten Sigi. Metode penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 18 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan, terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Hasil rekapitulasi pada minggu pertama sampai minggu ketiga kategori BSB 12,96% menjadi 33,33%, kategori BSH 12,96% menjadi 38,88%, kategori MB 40,75% menjadi 25,92%, dan kategori BB 33,33% menjadi 1,85%. Dapat disimpulkan bahwa ada peranan metode demonstrasi terhadap kemampuan motorik kasar anak di TK Alkhairaat Potoya Kabupaten Sigi. Kata kunci : Metode Demonstrasi, Motorik Kasar Anak, Anak Usia Dini |