JudulIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (SPEECH DELAY) DI KELOMPOK B TK NURUL YAQIIN PALU KECAMATAN PALU TIMUR |
Nama: YULIANA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Yuliana (2023). Implementasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (Speech Delay) Di kelompok B TK Nurul Yaqiin Palu Kecamatan Palu Timur. Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) I Putu Suwika, dan Pembimbing (II) Hesti Putri Setianingsih. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus (speech delay) di kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berjenis studi kasus. Tenik pengumpulan data yang di lakukan melalui observasi,wawancara,dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pemebelajaran pada anak berkebutuhan khusus (speech delay) menggunakan langkah sebagai berikut: 1. Mempersiapkan media pembelajaran 2. Pembelajaran pengembangkan aspek pada anak dan dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak yang mengalami gangguan perkembangan yaitu keterlambatan berbicara specch delay dan faktor yang memepengaruhi pembelajaran anak berkebutuhan khusus dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak, factor pembelajaran yang di berikan guru, terapi yang di berikan guru pada anak (Speech delay) dalam pembelajaran dengan mengenalkan benda-benda atau media yang ada di dalam kelas dengan stimulasi yang berulang-ulang pada saat kegitan pembelajaran berlangsung, dan factor pendukung seperti sarana pemebelajaranya, media yang di gunakan, dan pemebelajaran yang pemberian stimulasi yang berulang-ulang pada anak agar anak mampu melatih kemampuan berbicara pada anak berkebutuhan khusus ( speech delay), dan hasil dari anak (Speech delay) tersebut anak mampu membangun komunikasi dengan baik dan dapat mengontrol emosionalnya dengan baik. Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan khusus (SpeechDelay) |