Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMEBALAJARAN GERAK DAN LAGU SMART TEACHER UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH II TOAYA
Nama: DEVI AMANDA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Devi Amanda, (2025). “Pembelajaran Gerak dan Lagu Smart Teacher Untuk Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah II Toaya”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Fitriana, S.Pd., M.Pd, Pembimbing (II) Hesti Putri Setianingsih, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pembelajaran gerak dan lagu di Tk Aisyiyah II Toaya, 2) Untuk mengetahui kecerdasan kinestetik pada anak usia 4-5 tahun di Tk Aisyiyah II Toaya, 3) Untuk mengetahui peningkatan pembelajaran gerak dan lagu melalui kecerdasan kinestetik anak usia 4-5 yahun di Tk Aisyiyah II Toaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subyek penelitian ini yaitu seluruh anak didik di kelompok B dengan jumlah 17 anak didik yang terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan. Jenis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan pemberian tugas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, tindakan siklus I kemampuan menirukan gerakan tangan diputar dan tangan digulung 70,59% kategori BSB,BSH, dan MB, kemampuan menunjukkan jari satu, dua, tiga, empat dan lima 76,47% kategori BSB, BSH, dan MB, dan kemampuan yang diamati terakhir yaitu kemampuan menirukan gerakan binatang terdapat 70,59?ngan kategori BSB, BSH, dan MB, hasil tersebut diperoleh dari penjumlahan dua kategori yang dimiliki yaitu Berkembang sangat baik (BSB), Berkembang sesuai harapan (BSH) dan Mulai berkembang (MB). Pada siklus II menunjukkan peningkatan menirukan gerakan tangan diputar dan digulung 88,23% kategori Berkembang sangat baik (BSB), Berkembang sesuai harapan (BSH), dan mulai berkembang (MB), kemudian pada kemampuan menunjukkan jari satu, dua, tiga, empat, dan lima 94,12% kategori BSB, BSH< dan MB sedangkan kemampuan menirukkan gerakan binatang 94,12% kategori BSB, BSH dan MB. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan gerak dan lagu dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak di TK Aisiyah II Toaya. Kata Kunci: Gerak dan Lagu Smart Teacher, Kecerdasan Kinestetik Anak

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up