JudulPengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Di Kelompok B TK Negeri Pembina Malati Tondo |
Nama: VIVI ARDIANTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Vivi Ardianti, (2023) “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Di Kelompok B TK Negeri Pembina Melati Tondo”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Drs. I Putu Suwika, Pembimbing II Amrullah. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah perkembangan motorik kasar anak belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Demonstrasi terhadap perkembangan motorik kasar anak. metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen. Adapun subyek dalam peneliian ini adalah anak kelompok B TK Negeri Pembina Melati Tondo yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjtnya data di analisis secara kuantitatif. Hasil pengamatan sebelum diberikan perlakuan pada aspek ketepaan anak melempar bola 6,25% kategori (BSB), 12,5% kategori (BSH), 50% kategori (MB) dan 31,25% kategori (BB). Kemampuan berjalan jinjit 12,5% kategori (BSB), 18,75% kategori (BSH), 56,25% kategori (MB) dan 12,5% kategori (BB). Aspek keseimbanagan anak melambungkan bola sambil melompat 12,5% kategori (BSB), 25% kategori (BSH), 18,75% kategori (MB) dan 43,75% kategori (BB). Sesudah diberikan perlakuan aspek ketepatan anak melempar bola 12,5% kategori (BSB), 62,5% kategori (BSH), 18,75% kategori (MB) dan 6,25% kategori (BB). Kemampuan anak berjalan jinjit 31,25% (BSB), 56,25% kategori (BSH), 12,5% kategori (MB) dan 0% kategori (BB). Keseimbanagan anak melambugkan bola sambil meleompat 31,25% kategori (BSB), 31,25% kategori (BSH), 37,5% kategori (MB) dan 0% kategori (BB). Berdasarkan hasil data Output dari SPSS perhitungan uji t diperoleh nilai thitung ? ttabel (9,652 ? 1.761), dan nilai signifikan 0,000 < 0,005 dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap keterampilan motorik kasar anak di kelompok B TK Negeri Pembina Melati Tondo. |