JudulPENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI FILM ANIMASI NUSSA DANRARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KEMALA BHAYANGKARI 02 PALU |
Nama: NURUL DINDA FADILLAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Nurul Dinda Fadillah (2023) “Penanaman Nilai Karakter Religius Melalui Film Animasi Nussa Dan Rara Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Kemala Bhayangkari 02 Palu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Nurhayati Dan Pembimbing (II) Hesti Putri Setianingsih Permasalahan dalam penelitian ini adalah penanaman nilai karakter religius belum berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai karakter religius melalui film animasi nussa dan rara. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 02 Palu, jumlah sisswa 15 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengeumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, data dianalisis dengan teknik presentase. Berdasarkan hasil rekapitulasi minggu pertama sampai minggu ketiga. Pada aspek mengenal ciptaan Tuhan, presentase tertinggi terdapat pada kategori, Mulai Berkembang (MB) sebesar 35,55% sedangkan presentase terendah terdapat pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 15,55%. Pada aspek sopan santun presentase tertinggi terdapat pada kategori, Mulai Berkembang (MB) sebesar 31,33% sedangkan presentase terendah terdapat pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 20%. Pada aspek peduli lingkungan, presentase tertinggi terdapat pada kategori Mulai Berkembang (MB) sebesar 31,11% sedangkan presentase terendah terdapat pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 17,77%. Simpulan dari hasil rekapitulasi selama 3 minggu, persentase rerata Minggu pertama dan kedua pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) terjadi peningkatan dengan nilai 17,77% sedangkan persentase rata-rata Minggu kedua dan ketiga pada kategori kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) terjadi peningkatan dengan nilai 28,89%. Kata kunci: karakter religius, Nussa dan Rara, Pendidikan Anak Usia Dini |