JudulPengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Nawa Djiwa Desa Maponu Kecamatan Sarjo Kabupaten Pasangkayu |
Nama: NURMILAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK NURMILAH (2024) ”Pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan bahasa pada anak usia 5-6 tahun di TK Nawa Djiwa Desa Maponu Kecamatan Sarjo Kabupaten Pasangkayu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Andi Agusniatih, Pembimbing (2) Hesti Putri Setianingsih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun TK Nawa Djiwa Desa Maponu Kecamatan Sarjo Kabupaten Pasangkayu. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 15 anak Kelompok B Tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deksriptif dengan desain penelitian one group pre test-post test. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap perkembangan bahasa anak melalui penerapan metode bercerita. Dari hasil pengamatan sebelum perlakuan tidak terdapat anak dalam kategori BSB, terdapat 20% anak dalam kategori BSH, terdapat 51,11% anak dalam kategori MB, dan terdapat 28,88% anak dalam kategori BB. Kemudian dari hasil pengamatan sesudah perlakuan terdapat 31,11% anak dalam kategori BSB, terdapat 44,44% anak dalam kategori BSH, terdapat 24,44% anak dalam kategori MB, dan tidak terdapat anak dalam kategori BB. Selanjutnya sesuai hasil perhitungan uji-t dapat diketahui bahwa nilai thitung sebesar -9.589 pada uji t tanda plus minus tidak diperhatikan sehingga nilai thitung > ttabel (9.589 > 2.14479), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode bercerita terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Nawa Djiwa Desa maponu Kecamatan Sarjo Kabupaten Pasangkayu. Kata Kunci : Metode Bercerita, Perkembangan Bahasa |