JudulPENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KETERAMPILAN ORIGAMI PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK ALKHAIRAAT TATURA PALU |
Nama: RAHMAWATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Rahmawati (2023). Implementasi Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Origami Pada Anak DiKelompok B TK Al-Khairat Tatura Palu, skipsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Drs. I Putu Suwika, M.Si, (II) Hesti Putri Setianingsih, S.Pd., M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah anak tidak bisa melipat kertas dengan benar dan kurangnya koordinasi mata dan tangan, metode yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga menyebabkan anak cepat bosan untuk mendengarkan, dan guru pada umumnya cuma memperhatikan contoh lipatan kertas origami melalui tontonan diyoutube yang sudah jadi sehingga anak merasa bingung untuk melakukannya. Metode penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan jenisnya deskriptif. Subyeknya seluruh anak di kelompok B TK Al-Khairat Tatura Palu yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara, selanjutnya dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian minggu pertama, ketangkasan kategori berkembang sangat baik 0%, berkembang sesuai harapan 22,22%, mulai berkembang 50%, belum berkembang 27,78%. Kerapian berkembang sangat baik 0%, berkembang sesuai harapan 16,67%, mulai berkembang 44,44%, belum berkembang 38,89%. Kemampuan melipat kertas mengikuti petunjuk guru berkembang sangat baik 0%, berkembang sesuai harapan 50%, mulai berkembang 27,78%, belum berkembang 22,22%. Minggu kedua, ketangkasan kategori 16,67%, berkembang sesuai harapan 38,89%, mulai berkembang 33,33%, belum berkembang 11,11%. Kerapian berkembang sangat baik 22,22%, berkembang sesuai harapan 27,78%, mulai berkembang 33,33%, belum berkembang16,67%. Kemampuan melipat kertas mengikuti petunjuk guru berkembang sangat baik 11,11%, berkembang sesuai harapan 38,89%, mulai berkembang 33,33%, belum berkembang 16,67%. Minggu ketiga, ketangkasan kategori berkembang sangat baik 38,89%, berkembang sesuai harapan 33,33%, mulai berkembang 27,78%, belum berkambang 0%. Kerapian berkembang sangat baik 44,44%, berkembang sesuai harapan 38,78%, mulai berkembang 16,67%, belum berkembang 0%. Kemampuan melipat kertas mengikuti petunjuk guru berkembang sangat baik 38,89%, berkembang sesuai harapan 27,78%, mulai berkembang 33,33%, belum berkembang 0%. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Keterampilan Origami. |