JudulPengaruh Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Kemampuan Sosial Anak Di TK Nosarara, Kelurahan Talise Valangguni, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu |
Nama: MIFTAHUL RISKA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Miftahul Riska (2024) Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Kemampuan Sosial Anak di TK Nosarara, Kelurahan Talise Valangguni, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tdadulako, (1) Andi Agusniatih. (2) Amrullah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan sosial anak melalui kegiatan belajar menggunakan media buku cerita bergambar pada anak di TK Nosarara Kota Palu. Terdapat 3 aspek yang diteliti yaitu aspek empati, kpmunikasi, dan kerjasa sama. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui eksperimen. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji-t (Paired sample test). Indikator keberhasilan dalam penelitian ini dikatakan berhasil apabila kemampuan sosial anak dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sudah mencapai presentase 66-80%. Keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah-langkah, (1) Menentukan waktu untuk melaksanakan kegiatan, (2) Menyiapkan media buku cerita yang sesuai dengan tema, (3) Memahami isi cerita yang ada yang akan disampaikan, (4) Mempersiapkan anak-anak dalam kelas, (5) Memulai kegiatan bercerita dengan intinasi yang sesuai dengan apa yang dicerita, (6) Memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bertanya dan menyampaikan pendapatnya, (7) Menutup kegiatan dengan menyampaikan pesan moral yang terkandung dalam cerita. Data hasil rekapitulasi pengamatan kemampuan sosial sebelum diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan media buku cerita bergambar, dalam 3 aspek yang telah diamati 2,08% pada kategori BSB, 20,83% pada kategori BSH, 45,84% pada kategori MB, 31,25% pada kategori BB. Berdasarkan hasil data perhiotungan uji-t diperoleh nilai sebesar 11,783 dengan nilai signifikan 0,000. karena nilai signifikan <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh media buku cerita bergambar terhadap perkembangan kemampuan sosial anak usia didni di TK Nosarara, Kelurahan Talise Valangguni, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu. Kata Kunci: Buku Cerita Bergambar, Kemampuan Sosial |