JudulPENGARUH BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI MODEL TERPADU MADANI |
Nama: ULFADAYANTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Ulfadayanti (2023) “Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelompok A TK Negeri Model Terpadu Madani Palu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I), I Putu suwika, Pembimbing (II) Hesti Putri Setianingsih. Masalah utama dalam penelitian ini adalah perkembangan bahasa anak belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui Pengaruh bermain peran terhadap kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di kelompok A TK Negeri Model Terpadu Madani Palu metode penelitian ini kuantitatif dan eksperimen. Subjeknya 12 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan terdaftar tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolaan data dilakukan dengan teknik presentase dan Uji-t hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh bermain peran terhadap kemampuan berbicara anak. Jika dilihat dari hasil rekapitulasi data sesudah diberi perlakuan dari semua aspek yang diamati yaitu Menyebutkan kosa kata, Menjawab pertanyaan dan Melakukan tanya jawab yaitu 27.78?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 55.66?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 16.66?lam kategori Mulai Berkembang (MB), dan tidak ada dalam kategori Belum Berkembang (BB). Sedangkan jika dilihat dari Uji-t dapat dijelasakan bahwa nilai t hitung sebesar 2.955> t tabel 1.75305, dan nilai signifikansi <0,05, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh bermain peran melalui peran penjual dan pembeli terhadap perkembangan bahasa anak dikelompok A Tk Negeri Model Terpadu Madani Kata Kunci : Bermain peran, Kemampuan berbicara anak usia dini |