JudulPENGARUH KEGIATAN PEMBELAJARAN KEARIFAN LOKAL MELALUI LAGU DAERAH TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA DAERAH KAILI LEDO DI KELOMPOK B TK ALKHAIRAAT TATURA |
Nama: DEWI WENUR |
Tahun: 2024 |
Abstrak Dewi Wenur (2023), Pengaruh Kegiatan Pembelajaran Kearifan Lokal Melalui Lagu Daerah Terhadap Pengembangan Kemampuan Bahasa Daerah Kaili LedoDi Kelompok B TK Alkhairaat Tatura. Hasil, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) I Putu Suwika, Pembimbing (II) Fitriana. Masalah utama dalam peneliian ini adalah bahasa anak belum berkembang sesuai harapan upaya menyelesaikan masalah tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahupengaruh kegiatan pembelajaran kearifan lokal melalui lagu daerah terhadap pengembangan kemampuan bahasa daerah kaili ledodi kelompok B TK Alkhairaat Tatura. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan jeni penelitian eksperimen. Subjek berjumlah 15 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya datadianalisis secara kuantitatif. Hasil pengamatan sesudah diberikan perlakuan pada aspek menyebutkan kosa kata (40%) dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), (60%) kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), (0%) kategori Mulai Berkembang (MB)dan (0%) kategori Belum Berkembang (BB). Aspek mengulang kalimat sederhana (33,33%) dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), (53,33%) kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), (13,33%) kategori Mulai Berkembang (MB)dan (0%) kategori Belum Berkembang (BB). Aspek melakukan tanya jawab (20%) dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), (53,33%) kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), (26,67%) kategori Mulai Berkembang (MB)dan (0%) kategori Belum Berkembang (BB). Jika dilihat dari nilai t dapat dijelaskan bahwa t hitung sebesar -16.747 dengan taraf signifikan 0,000.Karena signifikasi <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh kegiatan pembelajaran kearifan lokal melalui lagu daerah terhadap pengembangan kemampuan bahasa daerah kaili ledo di kelompok B TK Alkhairaat Tatura. |