Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Di Kelompok A TK Negeri Model Terpadu Madani Palu
Nama: NAZIRAH
Tahun: 2023
Abstrak
Nazirah (2022) “Pengaruh Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Di Kelompok A TK Negeri Model Terpadu Madani Palu”. Skirpsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Drs. I Putu suwika M,Si , Hesti Putri Setianingsih, S.Pd.,M.Pd. Masalah utama dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebeut, dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh kegiatan eksperimen terhadap kemampuan kognitif anak di kelompok A TK Negeri Model Terpadu Madani Palu metode penelitian ini kuantitatif dan jenis eksperimen. Subjeknya 12 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 3 anak perempuan terdaftar tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi data dianalisi dengan teknik presentase.data sebelum perkuan aspek menyampaikan hasil eksperimen katergori Berkembag sangat baik ,8,33%, kategori Barkembang sesuai harapan ,16,67%, kategori Mulai berkembang 33,33?n kategori Belum berkembang, 41,67.% Aspek kemampuan menceritakan hasil eksperimen kategori Berkembang sangat baik , 8,33% , kategori Berkembang sesuai harapan, 16,67, kategori Mulai berkembang, 41,6?n kategori Mulai berkembang 33,33% . aspek kemampuan mencampur warna ketegori Berkembang sangat baik 8,33%, kategori Berkembang sesuai harapan , 8,33%, kategori Mulai berkembang , 33,33%, dan kategori Belum berkembang50%. Sesudah perlakuan Aspek kemampuan menyampaikan hasil eksperimen kategori Berkembang sangat baik, 25%, kategori Berkembang sesuai harapan, 66,67%, kategori Mulai berkemban, 8,33%, dan tidak terdapat kategori Belum berkembang. Aspek kemampuan menceritakan hasil eksperimen kategori Berkembang sangat baik, 33,33%, kategori Berkembang sesuai harapan, 41,67%, kategori Mulai berkembang,25%, dan tidak terdapat kategori Belum berkembang. Aspek kemampuan mencampur warna kategori Berkembang sangat baik, 41,67%, kategori Berkembang sesuai harapan, 33,33%, kategori Mulai berkembang, 25?n tidak terdapat kategori Belum berkembang. Melihat data di atas, dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kemapuan mengenal warna melalui metode eksperimen dapat membantu meningkatkan kempuan kognitif anak di kelompok A TK Negeri Model Terpadu Madani Palu. Kata Kunci : Mengenal warna, metode eksperimen anak usia dini.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up