JudulPENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA MELATI TONDO |
Nama: SRI UTAMI E. SUTENO |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kemampuan sosial emosional anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap sosial emosinal anak sebelum dan sesudah diberikan metode bermain peran di kelompok B TK Negeri Pembina Melati Tondo. Metode penelitian ini kuantitatif dan jenisnya pendekatan deksriptif. Subjeknya 25 anak terdiri dari 13 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji-t. Berdasarkan hasil rekapitulasi pengamatan perkembangan sosial emosional anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan metode bermain peran dari aspek pertama yaitu percaya diri untuk kategori BSB dari 0% menjadi 32%, kategori BSH dari 32% menjadi 40%, kategori MB dari 48% menjadi 28%, dan kategori BB dari 20% menjadi 0% sedangkan, aspek kedua yaitu rasa ingin tahu, untuk kategori BSB 0% menjadi 32%, kategori BSH 25% menjadi 10%, kategori MB 24% menjadi 28%, dan kategori BB 48% menjadi 4%, dan aspek ketiga yaitu empati, kategori BSB 0% menjadi 40%, kategori BSH 44% menjadi 36%, kategori MB 36% menjadi 20%, dan kategori BB 20% menjadi 4%. Selanjutnya perhitungan data dilakukan dengan teknik uji-t. Sesuai hasil data perhitungan uji t, dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung sebesar -19.409 dengan signifikansi 0,00. Karena signifikannya > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti perkembangan sosial emosional anak berpengaruh terhadap metode bermain peran di kelompok B TK Negeri Pembina Melati Tondo. ? Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Sosial Emosional, Anak Usia Dini |