Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Kegiatan Menggambar Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Di Kelompok B TK Negeri Pembina Marawola
Nama: NURHALIFA
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Nurhalifa, (2023). Pengaruh Kegiatan Menggambar Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Di Kelompok B TK Negeri Pembina Marawola. Program Studi Pendidikan guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Andi Agusniatih, (II) Hesti Putri Setianingsih. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak yang masih rendah. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kegiatan menggambar terhadapat kemampuan motorik halus anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun subyek penelitian ini adalah 16 anak di kelompok B TK Negeri Pembina Marawola. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolaan data dilakukan dengan teknik presentase dan Uji-t hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh kegiatan menggambar terhadap kemampuan motorik halus anak. jika dilihat dari hasil rekapitulasi data sesudah diberi perlakuan dari semua aspek yang diamati yaitu kelenturan jari-jemari, kekuatan jari-jemari dan ketepatan jarijemari yaitu 16.67?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 43.75?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 29.16?lam kategori Mulai Berkembang (MB), dan 10.41?lam kategori Belum Berkembang (BB). Sedangkan jika dilihat dari Uji-t dapat dijelasakan bahwa nilai t hitung sebesar 8.257> t tabel 1.75305, dan nilai signifikansi 0,000<0,05, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh kegaiatan menggambar terhadap kemampuan motorik halus anak di Kelompok B TK Negeri Pembina Marawola. Kata Kunci : Kegiatan Menggambar, Motorik Halus, Anak Usia Dini

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up