Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENANAMAN KEARIFAN LOKAL SUKU KAILI DENGAN PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA 5-6 DI KELOMPOK B TK KEMALA BAYANGKARI 01 PALU
Nama: SITI NURHASANA
Tahun: 2024
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penanaman kearifan lokal suku kaili terhadap pengembangan nilai-nilai karakter anak di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 01 Kota Palu. Subjek penelitian berjumlah 16 anak yang berasal dari Kelompok B. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan observasi pembelajaran kearifan lokal dan pengamatan langsung terhadap perkembangan nilai-nilai karakter anak. Dari hasil pengamatan sebelum perlakuan tidak terdapat anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik, terdapat 12,5% anak dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, terdapat 31,25% anak dalam kategori Mulai Berkembang, dan terdapat 56,25% anak dalam kategori Belum Berkembang. Kemudian dari hasil pengamatan sesudah perlakuan terdapat 18,75% anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik, terdapat 37,5% anak dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, terdapat 25% anak dalam kategori Mulai Berkembang, dan terdapat 18,55% anak kategori Belum Berkembang. Berdasarkan analisis data paired samples test yang telah dilakukan diperoleh nilai thitung sebesar 7.408 pada uji t sehingga nilai thitung > ttabel(7.408 > 1.76131) dan nilai signifikansi < alpha (0.000 < 0.05), maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya dapat disimpulkan bahwa penanaman kearifan lokal kaili mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap pengembangan nilai karakter anak di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 01 Kota Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up