JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN L ITERASI ANAK MELALUI KEGIATAN PENGENALAN BUKU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KELOMPOK B TKIT IBNUL MUBAROK PALU |
Nama: WIDYASARI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak melalui kegiatan literasi pada anak di kelompok B di TKIT Ibnul Mubarok Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila kemampuan literasi anak dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sudah mencapai persentase 66-80%. Keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah-langkah, mempersiapkan media kegiatan pengenalan buku cerita bergambar, peneliti membacakan buku cerita bergambar, memberi anak kesempatan untuk mengenal sendiri menggunakan buku cerita bergambar, dan yang terakhir peneliti dan guru memotivasi dan mendampingi anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat perubahan untuk kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) disetiap siklusnya, pada saat prasiklus menunjukkan hasil 0%, kemudian mulai meningkat pada siklus I sebesar 64,07?n pada siklus II sebesar 79,29%. Kata Kunci : literasi; buku cerita bergambar |