JudulHubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B Di TK Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi |
Nama: AIRA RIDZQIKHA AMALIA SALSABILA PUTRI ARISMAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak Kelompok B di TK Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Subjek berjumlah 77 anak yang berasal dari 4 TK di Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan angket kepada orang tua dan pengamatan langsung terhadap perkembangan sosial emosional anak. Dari hasil penyebaran angket terdapat 20 orang tua (25,97%) yang menerapkan pola asuh otoriter, 39 orang tua (50,64%) yang menerapkan pola asuh demokratis dan 18 orang tua (23,37%) yang menerapkan pola asuh permisif. Dari hasil pengamatan perkembangan sosial emosional anak terdapat 13,85% anak yang termasuk dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 49,35% kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 32,03% anak kategori Mulai Berkembang (MB) dan 4,76% anak kategori Belum Berkembang (BB). Uji statistik yang digunakan dalam penelitian adalah non-parametrik. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan menggunakan uji korelasi menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) = 0,000<0,05 dan Correlation Coefficient = 0,446 yang artinya kekuatan korelasi antara variabel x dan y kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial emosional anak Kelompok B di TK Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Kata Kunci : Pola Asuh, Perkembangan Sosial Emosional |