JudulPenerapan Budaya Mandar Terhadap Kedisiplinan Anak Di TK Al Ihsaba Desa Kalukunangka Kec Bambaira Kab. Pasangkayu |
Nama: BAHARINA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Baharina (2023). “Penerapan Budaya Mandar Terhadap Kedisiplinan Anak di TK Al Ihsaba Desa Kalukunangka, Kec. Bambaira, Kab. Pasangkayu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Kegguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Fitriana. Penelitian ini adalah melihat fenomena budaya Mandar dalam guru menerapkan pembelajaran kearifan lokal dalam membentuk kedisiplinan pada anak. Pembiasaan yang berbasis kearifan lokal dengan menurunkan nilai-nilai budaya pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan budaya Mandar terhadap kedisiplinan anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, hal ini disebabkan peneliti ingin mendeskripsikan secara jelas dan rinci peristiwa atau suatu kejadian tentang penerapan Budaya Mandar terhadap kedisiplinan anak serta mendapatkan data yang mendalam mengenai data yang menjadi fokus penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya siri’ (malu) yang guru tanamkan dalam pembiasaan pembelajaran pada anak saat kegiatan awal pembelajaran guru menyampaikan contoh kebiasaan sirondo-rondoi (kerjasama) warga sekitar, guru menggunakan cerita legenda rakyat, menyelipkan bahasa daerah saat berdiskusi dengan anak, sehingga hal inilah yang mendorong anak melakukan hal-hal yang baik seperti datang sekolah tepat waktu dan berpakaian rapi, turu’ (patuh) maksudnya anak mendengar dan melaksanakan apa yang disampaikan oleh orang tua dan guru, dan sirondo-rondoi (kerjasama). Kata Kunci: Budaya Mandar, Kedisiplinan, Anak Usia Dini |