Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA MELATI TONDO
Nama: NUR FITRIANI ASRIN
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Nur Fitriani Asrin 2019.Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelompok B TK Neger i Pembina Melati Tondo.Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (1) 2 Dr. Andi Agusniatih, M.si (2) Amrullah, S.Pd M.Pd Masalah utama dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak belum berkembang sesuai harapan.Upaya mengatasi masalah tersebut,dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengtahui pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di kelompok B TK Negeri Pembina Melati Tondo.Subjek penelitian berjumlah 16 anak yang berasal dari TK Negeri Pembina Melati Tondo.Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan dengan jenis penelitian eksperimen.Penelitian ini dilakukan dengan pemberian perlakuan sebelum dan sesudah perlakuan serta pengamatan langsung terhadap perkembangan kognitif anak.Yang diambil mengunakan teknik total sampeling.Teknik analisi data yang digunakan adalah rumus uji normalitas, paired sample t-tets dan presentase.Yang dimana berdasarkan pengujian data dan pembahasan hasil penelitian dengan pemberian perlakuan sebelum dan sesudah perlakuan terdapat rata-rata sebelum diberikan perlakuan kegiatan bermain puzzle dari semua aspek,untuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) 6,25%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 18,75%, kategori Mulai Berkembang (MB) 31,25%, dan kategori Belum Berkembang (BB) 43,75%.Sedangkan untuk rata-rata sesudah diberikan perlakuan kegiatan bermain puzzle dari semua aspek untuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) 14,58%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 45,83%, kategori Mulai Berkembang (MB) 39,58%, dan kagetogeri Belum Berkembang (BB) 0%.Hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai t hitung adalah sebesar -5,351 pada uji t sehingga nilai 5,351 > t tabel 1.761, maka nilai signifikan 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak H1 diterima, berdasaran uji t hitung tersebut kegiatan bermain puzzle dapat disimpulkan bahwa permainan puzzle memiliki pengaruh terhadap perkembangan kognitif anak usisa 5-6 tahun di TK Pembina Melatih Tondo. Kata kunci : Permainan Puzzle, Perkembangan Kognitif Anak

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up